-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dandangan Gang 2 Cegah DBD dengan Fogging

Thursday, January 24, 2019 | January 24, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-01-24T08:18:42Z

KIM Cendekia News – Kelurahan Dandangan, melakukan kegiatan Fogging di salah satu titik, yaitu di Jl. Dandangan Gg II. Fogging ini dilakukan, karena ada salah satu warga lingkungan setempat yang terkena dampak DBD.


Tapi himbaun juga, Fogging itu memiliki dampak positi dan negative. Pasalnya, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa sedangkan telur dan jentik nyamuk masih tetap ada dan biasanya akan menetas seminggu kemudian jika tidak dilanjutkan dengan kegiatan PSN (Pembersihan Sarang Nyamuk).

Banyak masyarakat yang percaya fogging menjadi cara ampuh membasmi nyamuk aedes aegypti yang membawa virus dengue itu. Selain memang tidak begitu efektif, fogging sendiri mengandung melathion pada asapnya, itu salah satu yang berbahaya.

Berikut enam dampak buruk akibat fogging yang dibeberkan oleh Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM :
1. Banyaknya polutan (zat pencemar) dapat mencemari makanan, air minum, dan lingkungan rumah setelah pelaksanaan fogging polutan tersebut dapat mengganggu kesehatan secara langsung maupun tidak langsung.
2. Jika tidak menjauh saat proses penyemprotan, dapat membahayakan pernafasan.
3. Kandungan Malathion pada asap fogging dapat menyebabkan kelainan saluran cerna (gastrointetinal) dab bagi wanita hamil yang terpapar malathion resiko kelainan gastrointetinal pada janin 2,5 kali lebih besar.
4. Paparan malathion juga mengakibatkan leukimia pada anak-anak, aplastik anemia, gagal ginjal, dan defek pada bayi baru lahir, juga berperan pada kerusakan gen dan kromosom, kerusakan paru, serta penurinan sistem kekebalan tubuh.
5. Dalam sebuah penelitian juga menyimpulkan bahwa malathion mempunyai peran terhadap 28 gangguan pada manusia, mulai dari gangguan sperma hingga hiperaktif pada anak.
6. Pelaksanaan fogging juga menjadi satu di antara penyumbang terjadinya global warming.

Maka dari itu, kami mengharapkan untuk warga sekitar, bisa lebih rajin melakukan PSN (Pembersihan Sarang Nyamuk) di rumah maupun dilingkungan sekitar. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Mengapa demikian? Kalau kita mencegah, hanya mengeluarkan biaya lebih sedikit, dari pada mengobati, yang membutuhkan biaya lebih banyak, untuk pembelian obat, biaya Rumah Sakit (RS) maupun biaya yang lain.

×
Berita Terbaru Update